Wednesday, October 18, 2017

CARA SETTING IP PADA LINUX DEBIAN7

Tags

Hallo guys ketemu lagi di blog Lazir Techno, pada kesempatan kali ini saya selaku penulis blog di Lazir Techno ini akan sedikit menjelaskan atau share bagaimana cara "Cara setting IP pada linux debian", oke guys langsung saja cekidot.






Ketikan perintah nano /etc/network/interfaces


lalu ketikan seperti di gambar


lalu restart jaringan dengan perintah seperti dibawah





untuk cek ip bisa cek ifconfig


lalu bisa cek conneksi dengan pc di laptop real dengan virtual sebelumnya bisa atur ipnya terlebih dahulu


berikut cara setting dhcp 


berikut cara setting dns




1.  NAT
Setting jaringan dengan NAT akan membuat komputer guest dapat melakukan ping ke komputer host tapi tidak sebaliknya.
Jadi apabila komputer host terhubung ke internet maka komputer guest juga akan bisa terhubung ke internet tinggal disetting DHCP ataupun STATIC.
2.  Bridged Adapter Setting jaringan dengan bridged menyebabkan antar komputer host dengan komputer guest akan terhubung dan terhubung dalam satu jaringan LAN. Setting bridged adapter bisa dihubungkan dengan adapter wifi atau ethernet pada komputer host, jadi apabila komputer host terkoneksi dengan internet dengan wifi maka komputer guest akan terhubng melalui wifi tetapi diinterface guest akan menjadi eth0 dan bisa saling ping ke komputer host maupun ke komputer lain yang berada dalam satu jaringan dan akan terhubung keinternet komputer hostnya.
3.  Jaringan Internal (Internal Network) Dengan settigan ini komputer atau sistem operasi yang ada di virtualbox akan terhubung ke guest-guest yang di virtualbox
4.  Host Only Adapter Untuk menghubungkan antara komputer host dan guest tetapi bisa saling terhubung harus dalam jaringan yang sama



EmoticonEmoticon